Exercise Snack: Snack Jenis Lainnya

oleh Kristihandaribullet
Bagikan artikel ini
Ditinjau oleh dr. Koh Hau-Tek
Exercise Snack: Snack Jenis Lainnya
Exercise Snack: Snack Jenis Lainnya

"Sitting is the new smoking". Duduk dalam waktu lama berbahaya bagi kesehatan, sekalipun Anda rutin berolahraga. Penelitian Mayo Clinic juga menunjukkan, duduk dalam waktu lama meningkatkan risiko kematian dini, penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes tipe 2.

Jika menurut Anda satu-satunya cara agar tetap bugar adalah meluangkan waktu untuk sesi olahraga yang melelahkan, pikirkan kembali. Melakukan exercise snack selama dua menit memiliki manfaat kesehatan, seperti menghabiskan berjam-jam berkeringat di pusat kebugaran.


Tak ada lagi alasan tidak memiliki waktu untuk olahraga. Bahkan hanya dengan 120 detik, Anda dapat melakukan exercise snack sepanjang hari.


Apa itu “exercise snack”?


1. Olahraga ringan, tapi sering



Inspirasi exercise snack berasal dari olahraga intensitas tinggi (HIIT) dan latihan interval sprint (SIT) yang pernah populer. Olahraga dengan penuh semangat dalam waktu singkat, istirahat sebentar, lalu mengulangi siklus tersebut beberapa kali. Aktivitas ini umumnya selesai dalam waktu 10 hingga 25 menit. 


Exercise snack mirip dengan hal tersebut. Intensitasnya sama, tapi waktu istirahatnya lebih lama. Makanya, disebut “camilan olahraga”. Sedikit-sedikit, tapi sering. 


Kegiatan singkat dan penuh semangat ini membantu terus bergerak beberapa kali sepanjang hari. Ya, cukup 1—2 menit di sela-sela waktu sibuk. Idealnya, setiap 30 menit. Tujuannya adalah meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh, serta mencegah kerusakan otot akibat terlalu lama duduk.


2. Mudah dilakukan di mana saja dalam waktu singkat



Jenis aktivitas exercise snack bisa disesuaikan keinginan. Misalnya, jalan-jalan berkeliling rumah, sekadar meregangkan kaki di kursi, melakukan jumping jack sambil nonton TV, atau naik-turun tangga.


“Camilan olahraga” mirip segenggam keripik atau kacang yang Anda camil untuk memecah kebosanan. Anda dapat mengonsumsinya kapan saja dan di mana saja. Sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. 


Exercise snack dapat dilakukan di mana saja, dalam waktu singkat, dan lebih alami. Di rumah, di kantor atau di luar ruangan. Bahkan sambil bicara di telepon.  Anda bahkan tidak perlu ganti pakaian, sepatu, atau menjadi anggota pusat kebugaran. 


Kapan saya bisa melakukannya?


Mungkin Anda pernah melakukannya. Hanya Anda tidak menyadarinya. Pernah duduk di depan komputer atau menonton TV dalam waktu lama, lalu berdiri dan berjalan-jalan atau melakukan peregangan? Yup, inilah salah satu cara melakukan exercise snack

Jenis istirahat tubuh dan otak ini terkenal di antara banyak penulis.


Dan Brown, penulis novel best seller The Da Vinci Code, telah melakukannya. Ia menghabiskan satu menit setiap jam setelah menulis untuk melakukan push-up dan sit-up. Faktanya, olahraga singkat ini memberi dorongan energi dan meningkatkan produktivitas.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan target untuk beraktivitas fisik setidaknya 150 menit setiap minggunya. Namun, kita dapat memilih bagaimana memenuhi tujuan itu. 


Keindahan exercise snack adalah tidak perlu peralatan apa pun. Tiga anak tangga, tiga kali sehari, tiga hari seminggu selama enam minggu meningkatkan kebugaran pada orang yang tidak berolahraga. 


Manfaat “camilan” olahraga


1. Meningkatkan kesehatan otot

Sebuah studi yang dilakukan American College of Sports Medicine menunjukkan, exercise snack sangat bermanfaat bagi kesehatan otot. Duduk sepanjang waktu mengurangi kemampuan otot tubuh menyerap dan menggunakan asam amino dari aliran darah. 


Keadaan ini membaik, saat responden diminta melakukan exercise snack. Asam amino merupakan bahan penyusun protein. Kekurangan asam amino dalam darah menyebabkan otot tumbuh tidak optimal.


2. Meningkatkan metabolisme insulin

Aktivitas kecil ini cukup untuk meningkatkan metabolisme insulin pada orang yang kelebihan berat badan. Hal ini mengonfirmasi sebuah penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa berjalan dua menit setiap 20 menit mengurangi gula darah.


3. Pilihan olahraga ringan

Bagi orang dengan penyakit kronis, seperti sakit punggung atau masalah jantung, olahraga berat tidak selalu menjadi pilihan – terutama untuk waktu lama. 


Olahraga berdampak rendah, seperti berjalan dalam waktu singkat dapat menjadi “camilan” untuk dipilih. Tapi, tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu. Lebih banyak olahraga dapat memperburuk keadaan orang dengan sindrom kelelahan kronis, misalnya.


Idealnya adalah Anda teratur berolahraga— baik itu jalan cepat, berenang, bersepeda, atau sepak bola. Namun, exercise snack tidak dapat dipandang remeh. Cara ini baik untuk membangun kebiasaan melakukan aktivitas tambahan di sela-sela hari sibuk. 


Agar Anda konsisten melakukannya, pasanglah alarm. Ingatlah untuk bangun dan bergerak.


ReferensiForbes. Diakses pada 2023. 10 Wellness Trends You Have to Try in 2023. Gaya Hidup. Diakses pada 2023. 10 Tren Kesehatan Diharapkan Viral Sepanjang Tahun 2023. Kemkes. Diakses pada 2023. Duduk Terlalu Lama Berisiko bagi Kesehatan. Philly Voice. Diakses pada 2023. Exercise Snacks Quick Workouts Fitness Benefits. Washington Post. Diakses pada 2023. Exercise Snacks: Workout Breaks.