Tetap Aman Hadapi Cuaca Panas di Indonesia

oleh dr. Almer Deta Tarandhabullet
Bagikan artikel ini
Ditinjau oleh dr. Koh Hau-Tek
Tetap Aman Hadapi Cuaca Panas di Indonesia
Tetap Aman Hadapi Cuaca Panas di Indonesia

Indonesia, dan sebagian besar Asia Tenggara, sedang mengalami kenaikan suhu dalam beberapa minggu terakhir. Cuaca panas memang sudah biasa. Namun, kali ini, di beberapa daerah, kenaikan suhu melebihi ambang batas normal sehingga menimbulkan risiko kesehatan bagi semua orang.

Suhu melonjak di atas rata-rata


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan beberapa daerah di Indonesia mencapai suhu di atas 35°C. Surabaya, misalnya, baru-baru ini mencapai titik tertinggi 38°C. BMKG juga memprediksi suhu di Jakarta akan mencapai minimal 35°C. Kondisi ini dapat berlangsung hingga Agustus. Suhu ekstrem ini dapat memicu penyakit terkait panas, seperti serangan panas (heatstroke) yang berpotensi mengancam jiwa.


Tips tetap segar dan aman



Kami ingin mengingatkan Anda tentang pentingnya tetap dingin dan terhidrasi pada situasi ini. Berikut beberapa tips untuk mencegah serangan panas:


  1. Tetap terhidrasi: Minumlah banyak air sepanjang hari, bahkan saat tidak haus. Usahakan mengonsumsi air minimal dua liter (delapan gelas) cairan setiap hari. Hindari minuman manis dan kafein berlebihan karena dapat memperparah dehidrasi.

  2. Cari tempat teduh dan ber-AC: Batasi aktivitas berat di luar ruangan pada waktu terpanas, yaitu antara pukul 10.00—16.00. Jika memungkinkan, tetaplah berada di ruangan ber-AC atau carilah tempat teduh jika berada di luar ruangan.

  3. Kenakan pakaian longgar dan berwarna terang: Pilihlah kain dari bahan alami, seperti katun yang memungkinkan kulit Anda bernapas. Hindari pakaian ketat dan berwarna gelap karena mudah menyerap panas.

  4. Lindungi kepala: Gunakan topi untuk melindungi wajah dan kepala Anda dari sinar matahari.

  5. Mandi atau berendam dengan air dingin: Dinginkan tubuh Anda secara teratur dengan mandi atau berendam air dingin.

Mengenali serangan panas



Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami salah satu gejala serangan panas berikut, segera dapatkan bantuan medis:


  • Suhu tubuh sangat tinggi (di atas 40°C)
  • Bingung, disorientasi, atau bicara pelo
  • Kehilangan kesadaran
  • Mual atau muntah
  • Pernapasan cepat dan dangkal
  • Kejang

Menangani serangan panas



Sambil menunggu bantuan medis, berikut beberapa langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk menangani heat stroke:

  • Pindahkan ke tempat yang sejuk dan teduh.
  • Lepaskan pakaian berlebihan.
  • Tempelkan kain basah yang dingin ke kulitnya.
  • Tawarkan cairan dingin jika orang tersebut dalam keadaan sadar dan bisa menelan.

GWS Medika siap membantu


Jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan terkait kenaikan suhu ini, kunjungi Klinik GWS Medika terdekat atau menghubungi customer care kami. Tenaga kesehatan profesional kami siap memberikan perawatan yang Anda perlukan agar tetap aman dan sehat.


Tetap sejuk, tetap terhidrasi, dan tetap terinformasi!


ReferensiBMKG. Diakses pada 2024. Prakiraan Cuaca Indonesia. CDC. Diakses pada 2024. Heat Stress. Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Heatstroke.