Ingin Lebih Bahagia? Yuk, Mulai Hidup Sehat!

oleh Sarandriabullet
Bagikan artikel ini
Ditinjau oleh dr. Koh Hau-Tek
Ingin Lebih Bahagia? Yuk, Mulai Hidup Sehat!
Ingin Lebih Bahagia? Yuk, Mulai Hidup Sehat!

“Kebahagiaan adalah puncak kesehatan” – Dalai Lama.

Kesehatan dan kebahagiaan seperti dua hal berbeda. Seseorang bisa saja fisiknya sehat, tetapi merasa tidak bahagia. Sebaliknya, bisa saja fisiknya sakit-sakitan, tetapi terlihat semangat dan ceria. 


Lalu, bagaimana kebahagiaan bisa membuat Anda lebih sehat?

Berbagai penelitian menyatakan orang yang merasa bahagia memiliki kesehatan umum yang lebih baik. Mereka lebih sedikit mengalami gejala penyakit dan tidak mudah tertular virus.


 Tidak hanya itu, mereka juga memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, atau demensia.


Apakah bahagia itu?


Orang yang bahagia biasanya memiliki perasaan positif terhadap hidupnya. Misalnya,


  • Merasa sudah menjalani kehidupan yang diinginkannya
  • Merasa sudah mencapai tujuan-tujuannya
  • Merasa puas hidup “apa adanya”
  • Merasa kondisi kehidupannya sudah sejahtera
  • Lebih sering merasakan perasaan positif daripada negatif
  • Memperlakukan diri sendiri dengan kasih sayang
  • Terbuka terhadap ide dan pengalaman baru
  • Banyak bersyukur
  • Ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Sudahkah Anda merasakan hal-hal tersebut?


Bagaimana kebahagiaan memengaruhi kesehatan?


Dari berbagai penelitian, ini beberapa alasannya.


  • Orang yang bahagia cenderung lebih bersemangat untuk berperilaku sehat. Mereka memiliki pola makan baik dan berolahraga. Mereka juga menghindari perilaku tidak sehat, seperti merokok atau menggunakan narkoba. Seiring waktu, kebiasaan-kebiasaan baik ini meningkatkan kesehatan dan mencegah datangnya penyakit.

  • Kebahagiaan meningkatkan fungsi sistem fisiologis tubuh, seperti sistem kardiovaskular dan kekebalan tubuh. Orang yang bahagia memiliki hampir dua kali lebih respons antibodi yang tinggi. Wah, virus-virus akan lebih cepat pergi, nih!

  • Merasa bahagia memicu hormon dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin. Hormon-hormon tersebut berfungsi membuat sel-sel tubuh bekerja lebih baik. Juga meningkatkan fungsi motorik dan fokus, bahkan kemampuan otak menyimpan memori. 

Hormon-hormon ini membuat rasa sakit lebih mudah menghilang dan suasana hati lebih tertata. Selain itu, pola tidur dan nafsu makan juga akan terkelola dengan baik. 


Cara hidup sehat memengaruhi kebahagiaan

Bagaimana kesehatan memengaruhi kebahagiaan? Berikut beberapa tips.


1. Berpikir positif



Orang yang sehat memiliki pikiran positif yang memacu kebahagiaan. Ada berbagai cara agar pikiran lebih positif. Misalnya, fokus terhadap hal baik dalam hidup, menuliskan hal-hal yang disyukuri, memperbanyak tawa dan humor, berinteraksi dengan orang-orang positif, serta melakukan self-talk yang berisi kalimat-kalimat positif. 


2. Berolahraga



Olahraga mendorong tubuh memproduksi hormon-hormon yang menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan kesenangan. Sebuah penelitian di USA menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah dengan akses mudah ke fasilitas olahraga, serta sering berpartisipasi dalam aktivitas fisik, memiliki kepuasan hidup dan kebahagiaan yang lebih tinggi. 


Mulai saat ini, cobalah berolahraga ringan secara rutin dan konsisten.


3. Mengonsumsi makanan sehat



Penelitian menunjukkan adanya hubungan penting antara usus dan otak. Memakan makanan sehat, seperti ikan tinggi asam lemak omega 3 dan sayuran tinggi serat memperkuat mikroba usus yang mendukung kesehatan mental dan kebahagiaan. 


Sebuah studi terhadap lebih dari 7.000 orang dewasa menemukan bahwa orang yang bahagia suka mengonsumsi buah, sayuran segar, dan biji-bijian yang lebih banyak daripada orang lainnya.


4. Mengelola stres



Akhir-akhir ini, orang-orang lebih stres daripada sebelumnya akibat pandemi. Empat dari 10 orang dewasa mengatakan mereka mengalami banyak kekhawatiran atau stres. 


Jangan sampai stres memengaruhi kesehatan dan kebahagiaan Anda, ya. Kelola stres dengan mencari kesibukan untuk mengalihkan pikiran dari sumber stres, membuat jurnal, mencari dukungan sosial, berdoa, bermeditasi, mencari solusi penyelesaian masalah.


Setiap orang pasti ingin hidup sehat dan bahagia. Cobalah berbagai cara agar kesehatan tetap prima. Ciptakan pikiran dan hati yang positif dan lebih bahagia. Buat hidup lebih bermakna.

ReferensiBetter Help. Diakses pada 2023. What Is The Connection Between Health and Happiness? Healthline. Diakses pada 2023. How Being Happy Makes You Healthier. Hello Sehat. Diakses pada 2023. Pengaruh Kebahagiaan dengan Kesehatan Tubuh. Ombody Health. Diakses pada 2023. 20 Inspiring Quotes Health Life Balance. Psychology Today. Diakses pada 2023. The Happiness-Health Connection. Psychology Today. Diakses pada 2023. Happiness and Health. Verywell Mind. Diakses pada 2023. What Is Happiness? Science Direct. Diakses pada 2023. Sport Participations and Happiness. Simply Psychology. Diakses pada 2023. Stress Management.